Tuesday, December 2, 2014

10 UNIVERSITAS TERBAIK JEPANG

    Jepang adala salah satu negara yang maju, dimana penduduk mereka rata-rata diatas 15 tahun, jadi jangan heran kalo di Jepang anak-anak kecil itu katanya jarang (bukan berarti gak ada), karena Jepang katanyaaaa "not interested at making baby." walaupun industri por** disana maju ya, oke stop haha, bener apa enggak nya silahkan buktikan sendiri. Gue sendiri sih sangat kagum dengan negara yang satu ini.

Okay, melenceng terlalu jauh, back to topic.
Jepang juga terkenal sama etos kerja nya yang luar biasa, bahkan orang dari negara lain menjukuki Jepang sebagai negara yang "Gila Kerja". Jepang adalah salah satu negara termaju dalam bidang industri, bersanding dengan Amerika Serikat dan yang beribukota kan Berlin, yaitu Jerman. Jepang juga tidak kalah dalam bidang keilmuan, bahkan beberapa universitas di Jepang masuk dalam jajaran univeraitas unggulan menurut World University Ranking. Nah, sekarang gue mau share 10 universitas terbaik di Jepang menurut World University Rankings!

10. UNIVERSITAS TSUKUBA
Peringkat Dunia: 21
Lokasi: Tsukuba, Jepang
Merupakan salah satu universitas tertua di Jepang yang berdiri pada 1872. Kampus Tsukuba merupakan universitas dengan area terluas (636 yard persegi). Gak jauh-jauh banget dari Tokyo.

9. UNIVERSITAS KEIO
Peringkat: 193
Website: www.keio.ac.jp
Lokasi: Minato, Tokyo, Jepang
Merupakan salah satu universitas swasta yang paking diminati di Jepang. Universitas Keio adalah perguruan paling tua di Jepang. Pertama kali didirikan sebagai sekolah studi barat pada tahun 1858. Universitas Keio memiliki 10 fakultas, dan 14 program pascasarjana. Univeraitas Keio juga memiliki sekolah menengah atas di New York, USA yang bernama Keio Academy of New York.

8. UNIVERSITAS HOKKAIDO
Peringkat: 144
Website: www.hokudai.ac.jp
Lokasi: Sapporo, Hokkaido, Jepang
Universitas ini didirikan pada tahun 1876 sebagai Sekolah Tinggi Pertanian Sapporo. Universitas Hokkaido memiliki 12 fakultas, 19 program pascasarjana, dan serta 26 institut/pusat riset.

7. UNIVERSITAS KYUSHU
Peringkat: 133
Website: www.kyushu-u.ac.jp
Lokasi: Kyushu, Jepang
Berdiri pada tahun 1911. Jumlah mahasiswa saat ini mencapai 19.000 mahasiswa. Universitas Kyushu memiliki program pertukaran mahasiswa internasional.

6. UNIVERSITAS NAGOYA
Peringkat: 99
Website: www.nagoya-u.ac.jp
Lokasi: Nagoya, Jepang
Merupakan salah satu universitas negeri 
paling dilirik oleh pelajar Jepang juga asing. Semenjak berdiri pada tahun 1871, universitas ini banyak menerima mahasiswa dari luar negri, terutama Amerika Serikat, China, Korea dan bahkan Indonesia. Universitas Nagoya menempati urutan tiga besar sebagai universitas di Jepang yang memiliki mahasiswa asing terbanyak. Berminat? :D

5. UNIVERSITAS TOHOKU
Peringkat: 75
Website: www.tohoku.ac.hp
Lokasi: Sendai, Miyagi, Tohoku, Jepang
Merupakan universitas negeri yang didirikan pada tahun 1907. Universitas ini memiliki 10 fakultas dan 15 sekolah pascasarjana dengan total mahasiswa mencapai 18.000 ekor *loh* orang maksudnya lol jk. Universitas Tohoku tercatat sebagai kampus yang pertama yang menerima mahasiswa perempuan pada tahun 1913.

4. INSTITUT TEKNOLOGI TOKYO
Peringkat: 66
Website: www.titech.ac.jp
Lokasi: Tokyo, Jepang
Populer dengan nama Tokyo Tech, merupakan salah satu universitas terkemuka di Jepang dengan basis komputerisasi. Tokyo Tech adalah anggota LAOTSE, yakni jaringan internasional dari universitas terkemuka di Eropa dan Asia juga di tahun 2013,  kampus yang didirikan pada tahun 1881 ini menduduki peringkat ke 66 dalam daftar QS World University Rankings.

3. UNIVERSITAS OSAKA
Peringkat: 55
Website: www.osaka-u.ac.jp
Lokasi: Suita, Osaka, Jepang
Didirikan pada tahun 1869, Universitas Osaka hingga kini sudah memiliki 11 fakultas yang berlokasi di Suita (main campus),  Toyonaka, Mino, dan Nakanoshima. Program studi unggulan nya adalah hukum, sains, teknik, dan pendidikan dokter.

2. UNIVERSITAS KYOTO
Peringkat: 35
Website: www.kyoto-u.ac.jp
Lokasi: Kyoto, Jepang
Berdiri pada tahun 1897, orang Jepang lebih suka menyebut dengan Universitas Kyodai. Universitas ini dikenal dengan tradisi akademiknya yang menghargai kebebasan danborientasi riset (penelitian dilakukan berdasarkan minat mahasiswa). Melalui program penelitian ilmiah, Universitas Kyoto sudah mengoleksi 5 Penghargaan Piagam Nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler. Pada oktober 2003, Univeraitas Kyoto membuka kampus baru yang dikhususkan sebagai pusat riset dan ilmu alam, terletak di wilayah Uji, Kyoto.

1. UNIVERSITAS TOKYO
Peringkat: 32
Website: u.tokyo.ac.jp
Lokasi: Bunkyo, Tokyo, Jepang
Merupakan universitas paling prestisius di Jepang bahkan Asia. Didirikan pada tahun 1684. Universitas ini memiliki 10 fakuktas yang terbagi dalam lima kampus, yakni di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. Jumlah mahasiswanya mencapai 28.000 orang, dan sekitas 2000an orang di antaranya adalah mahasiswa asing.

No comments:

Post a Comment